Wednesday 29 October 2014

Kandungan Gizi dan Manfaat Labu Siam



kandungan gizi dan manfaat labu siam bagi kesehatan
Labu siam dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit, seperti dapat mencengah terjadinya kanker, mengatasi hipertensi dan kolesterol, kandungan serat yang cukup tinggi hingga sangat aman dikomsumsi bagi siapa saja.

KANDUNGAN

Kandungan senyawa dan zat-zat penting yang terkandung dalam buah labu siam, di antaranya adalah serat dan asam folat, dan ada juga kandunga - kandungan lain, yaitu:

Vitamin B3 
Membantu untuk menurunkan produksi LDL dalam hati.

Vitamin B6
Penting dalam metabolism protein.

Selenium
Berpern penting dalam memperbaiki mood.

Kalium dan nutrium
Penting bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Saponin 
Berperan dalam menghambat dan mencegah penyerapan kolesterol dan darah.

Tanin 
Antimikrobia

Alkaloid 
Memperlancar peredaran darah dan menetrarisir racun-racun dalam tubuh. 

KHASIAT

Atasi asam urat: 
Labu siam juga sangat baik bagi penderita asam urat. Efek diuretik dari labu siam akan melancarkan pembuangan air kecil, sehingga kelebihan asam urat dapat segera dikeluarkan dari dalam tubuh.

MENGURANGI RISIKO BAYI LAHIR CACAT
Labu siam mengandung asam folat yang tinggi. Kandungan asam folat dalam 100 gr labu siam mencapai 93 mg. Asam folat berperan penting bagi ibu hamil untuk mengurangi risiko melahirkan bayi cacat. Umumnya, ibu hamil yang mengonsumsi asam folat rendah, berpotensi melahirkan bayi dengan berat badan rendah dan mengalami gangguan perkembangan otak.

Menjaga kadar koleseterol
Labu siam sama halnya dengan jenis  labu lainnya, adalah salah satu sayuran yang mengandung kalori yang sangat rendah. Labu siam hanya menyediakan kalori per 100 gramnya, serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Namun, sayuran ini kaya akan serat makanan, zat antioksidan, mineral, dan vitamin. Makanan rendah kalori dan sayuran yang kaya serat seringkali direkomendasikan oleh ahli para diet untuk menjaga kadar kolesterol dan menurunkan berat badan.

Menurunkan darah tinggi
Selain memberikan nutrisi, labu siam mungkin juga memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Purdue University mengatakan teh herbal yang dibuat dengan daun labu siam digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, melarutkan batu ginjal, dan mengobati aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah arteri. Teh yang mengandung daging labu siam memiliki sifat diuretik ringan, dan digunakan untuk mengobati penyakit kembung.

Mengandung tinggi folat dan vitamin B kompleks lainnya
Buah labu siem merupakan sumber cukup baik vitamin B kompleks, seperti asam folat. 100 g buah segar menyediakan sekitar 93 mg atau 23 % dari kebutuhan folat harian yang direkomendasikan. Folat sangat penting dalam pembelahan sel dan pembentukan DNA. Mengkonsumsi labu siem dalam jumlah yang cukup sebelum atau selama awal kehamilan bisa membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Mencegah darah tinggi
Seperti halnya dengan sayuran dari keluarga labu lainnya seperti zucchini, labu siem juga mengandung kalium yang cukup baik. 100 g buah labu siem segar mengandung sekitar125 mg kalium atau 2,5 % dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Kalium bermanfaat penting terutama untuk melawan efek sodium, yang jika terlalu banyak dapat menyebabkan darah tinggi.

Anti kanker dan penuaan dini
Labu siam juga mengandung antioksidan flavonoid poli fenolik, seperti apigenin dan luteolin. Senyawa ini bermanfaat untuk mengikat radikal bebas berbahaya dalam tubuh, yang berperan dalam pembentukan kanker, penuaan dini, dan berbagai macam penyakit. Buah labu siem juga merupakan sumber anti oksidan vitamin C yang cukup baik, yaitu sekitar 7,7 mg/100gram atau 13 % dari kebutuhan harian yang disarankan.




Perhatian dan Keamanan

  1. Labu siam mengandung getah atau lateks yang banyak, yang bisa menyebabkan sensasi rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan jika terkena. Cairan yang lengket ini diduga bisa menyebabkan beberapa reaksi kontak anestesi sementara.  Efek ini bisa diminimalkan dengan cara menggunakan sarung tangan pelindung pada saat mengupasnya, atau dengan cara mengupas sambil dibawah kucuran air dingin.
  2. Hindari stok lama, karena pada umumnya labu siam tumbuh lebih awal. Selain itu, pastikan memilih buah yang permukaannya bebas lubang, retak, atau memar. Namun luka goresan dangkal kecil atau memar ringan yang mungkin terlihat di permukaan tidak masalah.
  3. Simpan dalam kantong kertas atau di dalam kompartemen sayuran didalam kulkas dengan kelembaban yang cukup. Pada umumnya bisa disimpan sampai hingga 2-3 minggu. Buah yang cukup tua Tua dan besar umumnya cenderung cepat tumbuh, jadi sesegera mungkin untuk diolah.
- See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/kandungan-gizi-dan-manfaat-labu-siam-bagi-kesehatan.html#sthash.Fr8EugE3.dpuf

0 comments:

Post a Comment